Orang Tua Kunci Sukses Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Orang tua adalah kunci sukses pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Mereka berperan dalam mendorong dan mengizinkan anak untuk mengikuti program tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM ketika mencanangkan program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Pendopo Bupati Purworejo, Jumat (24/12/2021). “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua dan anak-anak, yang dengan penuh kesadaran dan antusiasme yang tinggi, telah bersedia mengikuti vaksinasi,” kata Bupati.

Menurutnya, anak dipastikan akan menurut apa kata orang tua. Bahkan apabila anak tidak mau, katanya, orang tua pasti akan memotivasi dan mendampingi buah hatinya.

Bupati berharap vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun akan meningkatkan cakupan program penanganan Covid-19 di Purworejo. “Selain itu, saya juga berharap Dinas Kesehatan Purworejo selalu sigap demi mendapatkan stok vaksin untuk masyarakat, sehingga jangan sampai ada masyarakat yang kesulitan memperoleh vaksin,” tegasnya.

Untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, tambah Bupati, perlu dilakukan berbagai upaya, tidak hanya melalui pembatasan kegiatan masyarakat dan penerapan protokol kesehatan. Vaksinasi, lanjutnya, juga upaya terbaik agar kekebalan komunal cepat terwujud.

Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat dilakukan dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.

Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi MM menjelaskan, vaksinasi untuk anak menargetkan sasaran 66.355. Jenis vaksin yang akan digunakan adalah vaksin yang sudah mendapatkan persetujuan dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional yaitu vaksin Coronavac produksi Sinovac Tiongkok.

“Vaksinasi anak di Purworejo dimulai hari ini dengan diawali di SD Maria dan SD Purworejo yang sebelumnya nanti akan dilakukan penyuntikan kepada sepuluh anak di pendopo,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati RH Agus Bastian SE MM, Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, Kapolres AKBP Fahrurrozi SIK MM, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim SSos Msi, Sekda Drs Said Romadhon, dan para kepala perangkat daerah. Setelah pencanangan, Bupati Purworejo dan rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi di SD Maria dan SD Purworejo. (Jas)

BERITA REKOMENDASI