OTG Sebar Virus Covid-19 di Masyarakat

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH meminta kepada masyarakat agar tidak menolak kepulangan Orang Tanpa Gejala (OTG) di lingkungannya. Jika mereka sampai ditolak justru akan membahayakan karena bisa menyebarkan virus ke mana saja.

Menurutnya, OTG memang masuk kategori orang sehat namun terdeteksi positif covid-19. Tapi bukan berarti ketika ada warga yang OTG, kemudian dikucilkan atau bahkan ditolak ketika pulang ke kampungnya. “Ini yang perlu dipahami semua warga, maupun kepada OTG sendiri. Jika terjadi penolakan, tentu warga OTG ini yang telah membawa virus covid akan semakin menyebar kemana-mana dan virusnya menulari orang lain,” katanya, Rabu (9/9).

Di sela-sela pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Aula Kantor Kecamatan Purwodadi Hj Yuli Hastuti menandaskan, bahwa warga OTG juga harus menyadari untuk tetap berada di rumah, melakukan isolasi mandiri, jangan bepergian karena membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

“Seperti yang baru-baru ini terjadi, ada OTG yang pulang, karena tidak diterima lingkungannya, kemudian pergi ketempat umum yang banyak bertemu orang. Akhirnya OTG ini harus dievakuasi paksa oleh petugas dengan menggunakan pakaian APD lengkap,” tandas Hj Yuli Hastuti.

Kejadian ini lanjut Yuli Hastuti, jangan sampai terulang kembali. Maka jika ada kejadian seperti itu, segeralah lapor kepada kepala desa dan camat untuk mengambil langkah yang tepat menyelamatkan semuanya sehingga tidak ada yang dirugikan. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI