Outing Class SMAN 1 Candimulyo, Kembangkan Wawasan dan Kewirausahaan

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ratusan siswa SMAN 1 Candimulyo Magelang mengikuti kegiatan belajar di luar kelas atau sekolah (outing class), baik ke Semarang, Surabaya dan Bali serta Sleman Yogyakarta.

Hal ini dibenarkan Kepala SMAN 1 Candimulyo Magelang Drs Rohmat Chozin MAg dan Humas SMAN 1 Candimulyo Magelang Taryono SPd saat ditemui KRJogja.com secara terpisah di SMAN 1 Candimulyo Magelang, Rabu (4/12/2019). Dikatakan outing class untuk siswa kelas XII dilaksanakan diantaranya ke Universitas Diponegoro (Undip) dan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Ini diantaranya untuk memberikan wawasan dan pemikiran kepada para siswa untuk melanjutkan belajarnya di perguruan tinggi dan dunia karier.

Untuk kelas XI melakukan outing class atau studi banding kewirausahaan di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya serta studi budaya pariwisata ke P Bali. Sedang siswa kelas X melakukan kegiatan studi lapangan di peternakan kambing etawa dan pengolahan susu kambing etawa di wilayah Turi Sleman. Juga diberikan pembelajaran bidang pertanian di Tani Organik Merapi (TOM) di Cangkringan Sleman.

Outing Class XII dan X dilakukan Rabu (4/12), sedang outing class siswa kelas XI dilaksanakan mulai Kamis (5/12/2019). Dikatakan Rohmad Chozin kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan di luar kelas untuk melihat langsung apa yang awalnya dari teori maupun cita-cita para siswa. Khusus bagi siswa kelas XII sebagai bahan referensi mengambil pilihan jurusan dibangku perkuliahan.

Untuk kelas XI, kata Rohmad Chozin, di SMAN 1 Candimulyo Magelang dikembangkan kewirausahaan berupa bibit pohon durian, mengingat wilayah Kecamatan Candimulyo merupakan wilayah yang terkenal dengan buah durian varietas unggulannya. Saat ini sudah dimulai proses memperbanyak tanaman dengan metode stek, dan ini yang dikembangkan di SMAN 1 Candimulyo. Dipilihnya SMA Muhammadiyah 9 Surabaya sebagai tujuan studi banding kewirausahaan karena sekolah ini yang sudah mengembangkan kewirausahaan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI