Padat Karya Disnakerkukm Digelar di Empat Desa Kebumen

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Ditengah berlangsungnya musim kemarau saat ini Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM (Disnakerkukm) Kebumen akan menggelar Program Padat Karya Infrastruktur di 4 desa 4 kecamatan di Kebumen. 

"Dalam program padat karya ini infrastruktur yang dipilih untuk digarap adalah jalan desa setempat yang memang membutuhkan peningkatan kapasitas," ungkap Kepala Disnakerkukm Kebumen, Siti Kharisah MM, di Alun Alun Kebumen, Jum'at (04/10/2019).

Selain pemberian lapangan kerja di tengah berlangsungnya kemarau dan bernilai kegotongroyongan, program padat karya ini menurut Kharisah juga merupakan sebuah pemberdayaan bagi masyarakat setempat.

"Mulai dari perencanaan sampai pelaksanaannya kami serahkan pada desa masing-masing. Kami hanya menjelaskan tentang besaran dana yang tersedia serta tujuan program ini kepada desa-desa itu. Kemudian, bagaimana merealisasikan programnya termasuk jumlah warga yang terlibat, ditentukan semua oleh desa-desa itu," papar Kharisah.

Desa dan kecamatan yang terpilih untuk program tersebut hingga Jum'at (04/10/2019) sudah akan memasuki finalisasi. Namun, kriteria desa atau lokasi yang terpilih untuk program padat karya ini menurut Kharisah cukup jelas, yaitu yang mengalami kondisi kekeringan serius sebagai dampak kemarau panjang tahun 2019. Begitu pula kriteria warga yang terlibat adalah mereka yang secara ekonomi tergolong tak mampu.

"Untuk upah tenaga kerja yang terlibat berbentuk uang tunai. Besarnya upah haruslah setara dengan standar upah pekerja proyek yang berlaku di Kabupaten Kebumen. Yaitu, minimal Rp 70 ribu per orang," ujar Kharisah.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI