Padi Gogo Petani Rowokele Bakal Diujicobakan di Lahan Kelapa Sawit Sumatera

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kelompok Tani (Klomtan) ‘Sejati’ Dukuh Gondang Desa Giyanti Kecamatan Rowokele Kebumen akhirnya berhasil memproduksi benih padi lahan kering atau padi gogo dari varietas Inpago di lahan seluas 1,54 hektar sebanyak 7,5 ton gabah kering.

“Bahkan, melihat kualitas dan kuantitas hasil panenan yang bagus, benih padi hasil panen Klomtan Sejati ini dalam waktu dekat ini akan diujicobakan di lahan kelapa sawit di Sumatera,” ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, Sri Wahyuroh SH, di demplot padi Inpago milik Klomtan Sejati, Selasa (11/08/2020).

Penanaman varietas padi lahan kering tersebut dengan menggandeng petani Gondang Desa Giyanti tersebut menurut Sri merupakan kerjasama SRG (Sistem Resi Gudang) Kementerian Perdagangan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen dan Unsoed Purwokerto sebagai penemu padi varietas ini.

“Tujuan kerjasama ini disamping sebagai obyek pembinaan terhadap petani setempat, juga untuk meningkatkan produksi padi di lahan kering dan meningkatkan pendapatan petani penghasil pangan pokok, khususnya di musim kemarau yang minim pasokan air,” ujar Sri.

Areal padi hasil kerjasama yang mulai diwujudkan sejak April 2020 lalu itu mulai panen pada Senin (10/08/2020) hingga Rabu (12/08/2020). Setelah dipanen dan diolah pasca panen, gabah kering ini akan disimpan di gudang SRG milik Kementerian Perdagangan di Desa Kretek Rowokele Kebumen. Setelah itu, sebagian dari gabah hasil panen tersebut segera diujicobakan di lahan kelapa sawit Sumatera. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI