Paguyuban Kades Mertoyudan Bantu Pengungsi Merapi

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sejak kenaikan status Gunung Merapi dari Waspada level II ke Siaga level III, hingga saat ini total sudah ada 795 pengungsi di Kabupaten Magelang. Mereka berasal dari empat desa di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III erupsi Gunung Merapi, yakni Desa Krinjing, Paten, Ngargomulyo dan Desa Keningar, semuanya di Kecamatan Dukun.

Untuk saat ini mereka mengungsi di desa-desa yang menjadi ‘saudaranya’. Yakni Desa Krinjing ke Desa Deyangan di Kecamatan Mertoyudan sebanyak 126 jiwa, Desa Paten ke Desa Banyurojo dan Desa Mertoyudan juga di Kecamatan Mertoyudan (421 jiwa). Kemudian Desa Ngargomulyo ke Desa Taman Agung di Muntilan dengan 120 jiwa dan Desa Keningar ke Desa Ngrajek di Mungkid dengan 132 jiwa.

Terkait semakin bertambahnya jumlah pengungsi tersebut, ternyata mengetuk empati dari sejumlah pihak. Tak terkecuali, paguyuban kepala desa dan istri-istrinya di Kecamatan Mertoyudan. Secara sukarela, mereka berhasil mengumpulkan donasi senilai Rp 9 juta. Selanjutnya, mereka menyalurkannya kedalam bentuk sembako.

“Untuk saat ini, kami salurkan ke tiga titik pengungsian. Yakni di balai desa deyangan, banyurojo dan desa mertoyudan. Masing-masing titik, senilai Rp 3 juta,” kata Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Mertoyudan, Agus Budi Santoso, disela-sela menyerahkan bantuan sembako di Balai Desa Deyangan, Minggu (8/11/2020).

BERITA REKOMENDASI