Pakuwojo: Harus Keluar Zona Merah Endemi Malaria

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan ke Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, menurut Sandiaga, Desa Pandanrejo memiliki potensi yang tinggi. Sehingga harus dapat dimaksimalkan dengan memperkuat konten promosi desa.

“Akan lebih banyak wisatawan yang datang dan berkunjung dan menggerakkan ekonomi serta membuka lapangan kerja,” kata Sandiaga dalam keterangan persnya, Rabu (13/10/2021).

Salah satu potensi yang dapat dipromosikan Desa Pandanrejo adalah pengembangan kambing etawa khas Kaligesing yang sudah terkenal sejak masa kolonial Belanda tahun 1920. Selain itu kesenian tari Incling Wedus yang menjadi daya tarik desa Pandanrejo sejak tahun 1930an.

Desa wisata Pandanrejo juga memiliki deretan potensi wisata lainnya. Daya tarik alam misalnya, terdapat Gunung Gajah dimana wisatawan dapat menikmati keindahan lima gunung di Pulau Jawa yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Slamet melalui gardu pandang.

BERITA REKOMENDASI