Palang Merah Jepang Bantu Mitigasi Bencana di Kebumen

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Palang Merah Jepang memilih Kebumen di Jawa Tengah dan Malang di Jawa Timur sebagai lokasi misi sosialnya berupa pemberdayaan masyarakat desa rawan bencana dalam melakukan mitigasi bencana di desanya masing-masing.

“Guna merealisasikan misinya tersebut, tim dari Palang Merah Jepang  didampingi tim Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat dan PMI Jawa Tengah, selama dua hari sejak hari ini hingga besok akan meninjau langsung 5 desa yang dinominasikan sebagai lokasi kegiatan ,” ujar Ketua PMI Kebumen, Drs Sabariyanto, di Rumah Dinas Bupati Kebumen, Rabu (04/03/2020).

Sebelum berangkat menuju calon lokasi kegiatan di 4 desa pesisir Kebumen di Kecamatan Petanahan, Klirong dan Bonorowo, ketiga tim diterima Asisten Sekda Kebumen Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs Herry Setyanto, di Rumah Dinas Bupati Kebumen guna memaparkan rencana kegiatan mereka selama 3 bulan di Kebumen. Selanjutnya, pada Kamis (05/03/2020) tim akan meninjau desa di Sempor.

“Setelah kunjungan selama 2 hari ini, kami akan menetapkan bentuk kegiatan yang sesuai dengan kondisi alam dan masyarakat setempat,” ujar Staf Divisi Pengembangan dan Kerjasama Internasional Palang Merah Jepang Untuk Indonesia Yuki Sauki.

Menurut Yuki kegiatan sosial ini merupakan bantuan murni masyarakat Jepang melalui Palang Merah Jepang untuk masyarakat Indonesia sebagai bantuan moril berupa cara-cara mitigasi bencana. “Kami akan melakukan pemberdayaan masyarakat agar benar-benar tangguh bencana. Selain masyarakat desa, kegiatan kami juga akan menyasar sekolah-sekolah di desa lokasi kegiatan,” ujar Staf Kantor Perwakilan
Palang Merah Jepang di Indonesia, Awaludin.

Kebumen yang merupakan daerah rawan bencana alam dengan jenis bencana cukup beragam, seperti gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor, menjadi alasan bagi Palang Merah Jepang memilih Kebumen sebagai lokasi kegiatan. (Dwi)

BERITA TERKAIT