Palsukan Struk Pembayaran, Penipu Online Dikecrek

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com  – Suwadi (39) warga Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ditangkap dan ditahan Kepolisian Resort Temanggung dengan sangkaan penipuan jual beli secara daring.

Wakapolres Temanggung Kompol Hary Sutadi mengatakan Suwandi sempat jadi pencarian petugas, hingga kemudian berhasil ditemukan dan dilakukan penangkapan di rumahnya. “Suwadi diduga menipu Suharti (40) warga Dusun Sewatu, Desa Campursari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Ia telah duga memalsu struk pembayaran,” kata Hary Sutadi, Minggu (7/2).

Hary mengungkapkan penipuan dilakukan tersangka pada Desember 2020. Ia memakai tiga rekening berbeda dan mencari sasaran dengan akun Facebook dan mencari kontak korban melalui aplikasi jual beli online.

Dikatakan, tersangka mengaku bekerja pada juragan kelapa di Kalimantan dan siap melayani pembelian online. Korban tertarik dan bersedia membeli 13.500 buah kelapa (satu truk) dengan total harga kesepakatan Rp 44,2 juta.

Korban, lanjutnya, diminta transfer sebagian pembayaran terlebih dahulu dengan alasan untuk ongkos pengiriman. Korban semula tidak mau dan meminta barang dikirim baru ada pembayaran, namun akhirnya korban berkirim uang, setelah tersangka pura-pura meminjamkan uang.

BERITA REKOMENDASI