Pameran “UMKM NAIK KELAS” Digelar di Artos Mall Magelang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Pameran “UMKM Naik Kelas” dalam rangka ‘1st Anniversary Jumat Motret Produk Gratisan (Jumputan) digelar di Atrium Hall Artos Mall Magelang kerjasama antara Artos Mall dengan Komunitas Jumputan, Jumat (18/6/2021) hingga Minggu (20/6/2021).

Pameran dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, mewakili Bupati Magelang, baik dengan memukul gong maupun memotong untaian pita. Peninjauan produk yang dipamerkan di beberapa stand pameran juga dilakukan. Dalam rangkaian pembukaan pameran ini juga diwarnai penampilan Tari Batik Indonesia oleh Sanggar Tari Arum Sari dan grebeg gunungan beberapa produk UMKM.

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Iwan Sutiarso diantaranya mengatakan Usaha Mikro sebagai salah satu pelaku pembangunan ekonomi di daerah perlu diberdayakan melalui pendataan dan pendaftaran, kemitraan dan jejaring usaha, fasilitasi perizinan dan standardisasi, pengembangan sumber daya manusia, pembiayaan, produksi serta produktivitas dan pemasaran. Termasuk didalamnya usaha yang dilakukan “Jumputan” (Jumat Motret Produk Gratisan) yang akan mengangkat produk-produk lokal Kabupaten Magelang. dalam hal pemasaran.

Pada saat ini, lanjutnya, pemerintah telah membuat kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang terkait langsung dengan UMKM, yaitu dengan telah dicanangkannya tiga butir kebijakan pokok di bidang ekonomi. Kebijakan yang pertama berupa peningkatan layanan jasa keuangan khususnya untuk pelaku UMKM, yang meliputi perbaikan layanan jasa perbankan, permodalan, multifinance dan asuransi.

Yang kedua adalah peningkatan infrastruktur layanan pemasaran seperti pameran dan bazar produk UMKM, layanan akses pasar, fasilitas pemasaran dan dukungan atas pelaksanaan transaksi perdagangan. Kebijakan pokok yang ketiga adalah meningkatkan kemampuan dan penguasaan aspek-aspek teknis dan manajemen usaha, pengembangan produk dan penjualan, administrasi keuangan, dan kewirausahaan secara menyeluruh.

BERITA REKOMENDASI