Pamriyan Layak Dikembangkan Jadi Desa Wisata

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kendatipun berada di daerah dataran tinggi paling ujung barat laut, yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo, namun Desa Pamriyan di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo memiliki potensi yang cukup menarik untuk dikembangkan menajadi desa wisata.

Bahkan di desa ini kreatifitas warga cukup bergairah untuk menyambut kehadiran para tamu dengan disediakan berbagai home stay, penginapan dan tempat rekreasi. “Hanya kondisi jalan yang masih perlu dilebarkan dan diperbaiki, nanti kita upayakan,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM pada kegiatan saba desa di desa itu.

Bupati yang didampingi Wakil Bupati (Wabup) Hj Yuli Hastuti SH beserta jajaran forum komunikasi pimpinan daerah/kecamatan (Forkopinda/forkopincam), beserta para kepala dinas dan instansi di jajaran Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Purworejo berada di Desa Pamriyan hingga, Kamis (21/11/2019) dengan melakukan berbagai kegiatan.

Pada kegiatan saresehan di gedung pertemuan desa setempat, bupati dan wabup beserta rombongan menikmati makan malam dengan tradisi nasi takir (makan dengan alas terbuat dari daun pisang) bersama warga masyarakat.

Desa Pamriyan yang berpenduduk 1.381 jiwa menurut Camat Pituruh Yudi Agung Prihatno, merupakan desa yang berlokasi di daerah paling ujung dan dikelilingi hutan Perhutani. “Tapi desa ini kaya akan berbagai potensi, termasuk potensi wisata alam, dan berbagai kesenian tradisional dan budaya,” katanya.

Disamping itu, Desa Pamriyan juga memiliki hasil bumi yang beragam, mulai dari cokelat, jenitri, aren, karet dan lainnya. “Disini juga terdapat Bumi Perkemahan (Bumper) Pucung Roto dan air terjun alami,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI