Pamswakarsa Siap Amankan Gereja

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Kepolisian Resort Temanggung melatih setidaknya 70 warga untuk dijadikan sebagai anggota pengamanan inti pada misa natal dan perayaan natal di gereja-gereja yang ada di daerah tersebut. 

Wakil Kepala Kepolisian Resort Temanggung Kompol Dax Emmanuelle Samson Manuputty mengatakan pamswakarsa yang dilatih berasal antara lain dari pemuda gereja, pemuda lingkungan gereja, pramuka, dan satuan pengamanan (satpam) setempat.  "Mereka yang akan menjadi inti penjagaan di internal gereja. Polri konsentrasi pengamanan di luar gereja," katanya Kamis (22/12). 

Dia mengatakan selama dua hari, anggota pamswakarsa itu mendapat pelatihan bela diri dan teknis pengamanan dari polri. Mereka juga dilatih bagaimana menghadapi situasi darurat. Sehingga bila ada kejadian yang tidak diinginkan seperti ada orang jahat yang akan mengganggu pelaksaaan ibadah, mereka dapat melaksanakan pengamanan.

Dikemukakan, jumlah anggota pamswakarsa dapat bertambah, seiring bertambahnya pemuda gereja yang ingin menjadi anggota. Sejumlah anggota ormas juga terlibat pada pamswakarsa tersebut.  (Osy)

BERITA REKOMENDASI