Pandanrejo Juara 2 Desa Wisata Rintisan ADWI 2021

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Desa Wisata Pandanrejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo berhasil meraih Juara 2 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 kategori Desa Wisata Rintisan. Konsep pengembangan wisata dengan mengangkat potensi budidaya Kambing Kaligesing di atas Perbukitan Menoreh, berhasil memukau dewan juri kompetisi tingkat nasional itu.

Ketua Pengelola Desa Wisata Pandanrejo Desi Nugroho menerima anugerah tersebut di Jakarta belum lama ini. “Anugerah yang luar biasa, menjadi kebanggaan bagi kami, sebagai desa wisata rintisan, yang baru sekitar satu tahun fokus mengembangkan pariwisata,” katanya kepada KRJOGJA.com, Minggu (12/12/2021).

Dewan juri menilai desa wisata berdasarkan tujuh faktor, yakni homestay, penerapan protokol kesehatan berdasarkan Cleanliness, Health, Safety, Environtment Sustainability (CHSE), kebersihan toilet, sovenir, konten kreatif, digital, dan daya tarik wisata.

Menurutnya, capaian prestasi itu tidak dapat dinilai dengan uang. Keikutsertaan Desa Pandanrejo dalam ADWI 2021, katanya, membuat nama Pandanrejo sebagai New Zealand Van Java, semakin dikenal masyarakat Indonesia.

Berbagai pihak mulai pemerintah daerah, pusat, swasta, dan masyarakat umum, lanjutnya, semakin percaya bahwa Pandanrejo mampu mengelola potensi yang ada untuk sektor pariwisata. “Utamanya pada masyarakat Pandanrejo sendiri, di mana kami semakin percaya bahwa desa wisata bisa menjadi sumber penghasilan. Warga tetap bekerja dan berternak seperti biasa, tapi aktivitasnya dapat dijual untuk mendatangkan wisatawan,” ungkapnya.

Keberhasilan tersebut, lanjutnya, mulai terasa manfaatnya dengan meningkatnya agenda kunjungan ke Pandanrejo. “Ada beberapa jadwal studi banding ke desa dari berbagai pihak di luar Purworejo, tawaran CSR dari perusahaan, bahkan ada rencana kerja sama kegiatan besar dengan Badan Otorita Borobudur. Apabila terlaksana, akan memberikan tambahan kesejahteraan bagi warga,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI