Pandemi Covid-19 Menjadi Pemantik Inovasi

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global ternyata tidak membuat semua kreatifitas mati. Terutama bagi mereka yang kreatif. Bahkan pasar digital se-Indonesia yang dikelola dibawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) justru semakin berkembang.

“Pandemi ini justru seperti menjadi pemantik inovasi para pelaku pasar digital,” kata Royanto Purnomo, Selasa (25/08/2020).

Riyanto Purnomo yang ditunjuk sebagai lurah Pasar Inis di Desa Brondongrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo dan sekaligus sebagai Jendral Pasar-Pasar digital se-Indonesia dengan SK Kemenkumham ini menjelaskan, bahwa pasar digital kini berkembang cukup pesat. Sekaligus membuat para pengelola pasar menjadi kratif untuk memperkuat destinasi masing-masing sebagai bagian penguat pariwisata lokal dan tentunya mengglobal via medsos.

“Saya di Purworejo ada zona otorita Borobudur. Desa saya tidak masuk kawasannya. Lalu ada bandara internasional baru di Kabupaten Kulonprogo, juga menurut saya Purworejo tetap butuh bunga-bunga yang memperindah peta wisatanya, salah satunya Pasar Inis,” paparnya.

Destinasi wisata menurut Riyanto Purnomo yang berhsil membawa destinasi wisata dari desa binaannya di Madiun Jawa Timur masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020 ini, bukan tentang keberadaannya tapi eksistensi dan sustainable/keberlanjutannya, ini sudah dibuktikan Pasar Inis yang sudah berjalan 2 tahun 4 bulan. (Nar)

BERITA REKOMENDASI