Pandemi Tak Halangi Pejabat Laksanakan Diklatpim III

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi pejabat di Kabupaten Purworejo untuk melaksanakan Pendidikan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III. Pelaksanaan diklat dilakukan dengan metode daring.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purworejo Nancy Megawati mengatakan, Diklatpim Tingkat III dilaksanakan sejak 24 Agustus hingga 3 Desember 2020. “Ada sembilan pejabat Purworejo yang mengikuti diklat, lima jabatan pengawas dan empat jabatan administrator,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (22/09/2020).

Peserta diklat tidak perlu berangkat dan menginap di tempat pelatihan seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Peserta tetap berada di Purworejo dan mengikuti pelatihan secara daring.

Peserta menerima jadwal pengajaran yang harus diikuti setiap pejabat. “Ada sistem on campus dan off campus. Saat on campus itu, ada pembelajaran dan peserta wajib absen,” ucapnya.

Menurutnya, peserta diklatpim dapat menyesuaikan dengan pola tersebut. “Mereka lancar melaksanakan pembelajaran. Pantauan kami, proses berjalan lancar,” katanya.

Ditambahkan, pejabat peserta diklat dibebaskan dari tugas-tugas kedinasan. Mereka diperbolehkan untuk tidak di kantor demi konsentrasi mengikuti pembelajaran. “Tapi kalau mereka ada di kantor dan tetap bekerja, pemkab sampaikan terima kasih,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditemui di kantornya, Sekretaris Dinas Perhubungan Bambang Gatot Senoaji menuturkan, ada satu pejabat yang mengikuti Diklatpim Tingkat III secara daring. Namun yang bersangkutan tidak berada di kantor dan melaksanakan dinas luar kota di Jakarta. “Ada satu dan sekarang sedang dinas luar,” katanya.

Saat dikonfirmasi, Nancy menjelaskan, tidak menjadi masalah apabila pejabat yang bersangkutan sedangn dinas luar. “Selama tidak mengganggu kadwal diklat tidak menjadi masalah, yang penting saat ada bimbingan dari coach, tidak boleh absen,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI