Panen, Jemaat GKJ Jumo adakan Tradisi ‘Riyaya’

TEMANGGUNG (KR)Jogja.com)  – Saat musim panen tiba, jemaat GKJ Kecamatan Jumo, Temanggung menyelenggarakan tradisi 'Riyaya unduh-unduh' sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.

Dalam riyaya itu, jemaat melakukan kirab dengan membawa hasil bumi, makanan, hewan peliharaan, dan barang-barang lain menuju gereja. Hadir pada acara itu Bupati Bambang Sukarno, Camat Jumo Adi Pitoko bersama jajaran Muspika, dan pendeta GKJ Jumo Yohari Sutikno beserta kurang lebih 300 orang jemaat gereja tersebut.

Pendeta Yohari Sutikno, mengatakan, GKJ Jumo telah menyelenggarakan riyaya unduh-unduh sejak dua tahun lalu, atau untuk tahun ini merupakan pelaksanaan kali ketiga. Sedangkan di wilayah Kabupaten Temanggung, baru GKJ Jumo yang menggelar riyaya unduh-unduh tersebut.

Yohari juga berharap, riyaya unduh-unduh bisa tetap terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. Selain itu, ia juga meminta dukungan dari pemerintah untuk menyelenggaraannya, sehingga kegiatan itu ke depan bisa menambah khasanah kegiatan budaya, khususnya di Kecamatan Jumo. (Mud)

 

BERITA REKOMENDASI