Panen Tembakau, Pasokan Elpiji Melon Ditambah

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Memasuki musim pengolahan tembakau pada September 2016 pasokan gas elpiji ukuran tiga kilogram di Kabupaten Temanggung ditambah 3.246 tabung per hari untuk mengantisipasi peningkatan .

Sekretaris tim pengawas tata niaga elpiji tiga kilogram dan BBM jenis tertentu Kabupaten Temanggung Arief Mujiono Jumat (16/9) mengatakan pasokan gas elpiji tiga kilogram pada saat pengolahan tembakau di bulan September sebanyak 21.032 tabung per hari. "Ada penambahan pasokan 3.246 tabung per hari dari pasokan reguler sebanyak 17.786 per hari," katanya.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ujarnya saat panen tembakau permintaan gas elpiji cenderung meningkat, karena para petani harus kerja lembur untuk merajang tembakau. Ini memerlukan tambahan makanan otomatis kebutuhan bahan bakar untuk memasak juga bertambah. Pada perayaan Idul Adha juga ada permintaan gas elpiji sehingga pasokan ditambah.

Dia menyampaikan sejauh ini permintaan elpiji tiga kilogram relatif setabil meski ada tambahan permintaan. Kemungkinan ini terjadi karena hasil panen tembakau tahun ini kurang bagus karena banyak daun tembakau rusak sebelum dipanen sebagai pengaruh musim kemarau basah.

Disampaikan, lonjakan permintaan elpiji tiga kilogram tetap diantisipasi sehingga pihaknya telah mengajukan tambahan lagi ke Pertamina, agar tidak ada kelangkaan gas elpiji di Temanggung. " Pertamina telah siap pasok jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan permintaan, " katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI