Panggung Kesenian TIC Borobudur Bakal Ramai Setiap Minggu

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemkab Magelang melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bakal menggelar pentas seni dan budaya di panggung kesenian Tourist Information Center (TIC) Borobudur. Rencananya, pentas kesenian ini akan tampil menghibur masyarakat dan wisatawan mancanegara serta untuk mendukung lama tinggal wisatawan selama 52 minggu atau satu tahun.

Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, dalam sambutannya saat launching pentas kesenian dan kalender event di Panggung Kesenian Kantor TIC Minggu (05/01/2020) mengatakan, kegiatan pentas seni secara rutin ini sebagai pembinaan bagi kelompok seni dan pelaku ekonomi ktreatif di tahun 2020. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Disparpora, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Pesona Magelang, serta para pelaku wisata di Kabupaten Magelang. "Pentas seni secara rutin ini dalam rangka meningkatkan potensi wisata Kabupaten Magelang di komplek TIC Borobudur," kata Iwan.

Menurutnya, seni pertunjukan tradisional mampu meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Magelang, serta menambah atraksi budaya di Kawasan Borobudur dan mampu mendorong lama tinggal wisatawan. "Pertunjukan kesenian juga merupakan pembenahan komunitas ekonomi kreatif (sub sektor seni pertunjukan), sehingga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan dari kesenian yang ditampilkan. Nantinya pertunjukan kesenian ini akan ditampilkan setiap hari Minggu selama 52 kali (setahun). Jam nya pasti 10.00, 13.00, dan 15.00 WIB (3 kali pertunjukan)," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Magelang melalui Wakil Bupati, Edi Cahyana mengaku bahwa, dirinya tak menyangka ada sebuah gedung kesenian di komplek TIC Borobudur. "Selama saya menjabat jadi Wakil Bupati Magelang selama 9 bulan, saya baru tahu kalau ada gedung kesenian di tempat ini. Artinya, gedung ini belum dimanfaatkan secara maksimal," ungkap Edi.

Oleh karena itu, lanjut Edi, kegiatan yang diinisiasi oleh Disparpora ini harus didukung oleh semua pihak. Menurutnya perlu ada koordinasi lebih mendalam bersama seluruh pelaku wisata di Kabupaten Magelang, terutama untuk menyambut rencana pembangunan super prioritas pariwisata di Kabupaten oleh pemerintah pusat dalam waktu dekat. "Ini harus ada tindak lanjutnya, ide-ide sekiranya mendukung pertumbuhan wisata di Magelang harus kita dukung bersama," ujarnya.

Diketahui, launching pertunjukan kesenian Tradisional dan Launching Calender Of Event Pariwisata Kabupaten Magelang ini juga diawali dengan kirab pentas kesenian, yang nantinya akan ditampilkan di panggung kesenian TIC Borobudur. (Bag)

BERITA REKOMENDASI