Panitia Harus Cek Kesehatan Hewan dan Daging

PURWOREJO (KRjogja.com) – Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan DPPKP Purworejo Doddy Heru Prasetyo mengatakan, panitia kurban harus melakukan tatalaksana penyembelihan dan pengecekan hewan dengan baik. 

Hal ini, kata Doddy, Sabtu (10/09/2016) menghindari daging dan jeroan kurang berkualitas ikut dibagikan kepada masyarakat. Menurutnya, pengecekan harus dimulai sejak hewan belum disembelih. Hewan yang sehat menunjukkan perilaku aktif, tidak terlihat lesu dan segar.  "Bulunya tidak kusut dan cenderung mengkilap. Kalau bulunya kusut bisa jadi terindikasi cacingan. Penyembelihan juga memiliki standar kelayakan." 

Doddy mengatakan untuk sapi, jagal dan warga harus menggunakan tali yang cukup untuk merobohkan dan mengikat sapi agar tidak berontak. Namun harus diperhatikan agar sapi tidak tersakiti. Teknik yang lazim untuk merobohkan sapi sebelum disembelih adalah metode Burley. Setelah jatuh dan tenang, barulah disembelih. "Cara itu sudah kami ajarkan kepada ratusan panitia kurban, jagal juga biasanya sudah paham. Untuk mempelajari, bisa melihat videonya di internet," ungkapnya. 

Setelah disembelih dan dikuliti, daging mulai dipotong dan siap dikemas. Namun masyarakat harus mengenali daging yang sehat. Warna daging berwarna merah cerah, teksturnya kenyal saat ditekan, bau khas daging menguar dan tidak berair. (Jas)

BERITA REKOMENDASI