Pantai Ketawang Bersolek, Pengunjung Berdatangan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Daya kreatifitas masyarakat menjadi penentu dalam menjaga keindahan dan kelestarian alam. Bahkan dengan ketekunan dan keuletan, warga Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo berhasil menghijaukan Pantai Ketawang yang sebelumnya panas gersang pasir pantai.

“Warga desa secara gotong royong, membangun pantai dengan menanam pohon cemara laut. Hasilnya sekarang sudah menghijau dan sejuk,” kata Sukardi (60), warga desa setempat saat ditemui di pantai itu, Kamis (01/02/2018).

Menurut Sukardi, pantai ini dulunya gersang karena tidak ada tumbuhan yang bisa hidup di lahan pasir, kecuali rumput dan pohon duri pandan laut. Namun berkat keuletan warga, sejak beberapa tahun terakhir pantai ini ditata dengan berabagai daya upaya. “Warga menilai bahwa pantai ini merupakan aset desa, yang jika ditata akan menjadi menarik,” jelasnya.

Terlebih Pantai Ketawang ini memili kelebihan jika dibanding dengan pantai pada umumnya di wilayah Purworejo. Pantai Ketawang memiliki struktur dataran meninggi menyerupai gunung kecil sehingga dapat menahan air laut jika sedang pasang. “Dari ketinggian ini yang sudah teduh dengan tanaman cemara menjadi menarik untuk menikmati pemandangan pantai. Tidak harus berpanasan di bibir pantai,” tambah Sukardi. (Nar)

BERITA REKOMENDASI