Pasar Baledono Dibongkar, Pedagang Mulai Pindah

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar puing Pasar Baledono, mulai pindah. Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan Pariwisata (Dikoperindagpar) Purworejo memindah PKL ke kompleks Pasar Plaza Purworejo.

 

Sementara angkutan kota yang biasa ngetem di timur pasar, dipindah ke perempatan Pantok Purworejo. "Kepindahan mereka setelah dilakukan sosialisasi oleh dinas," kata Dra Suhartini MM, Kepala Dikoperindagpar Purworejo, kepada KRjogja.com, Kamis (3/11).

Pemindahan tersebut untuk memperlancar proses pembongkaran puing sisa kebakaran tahun 2013 itu. Pemindahan juga meminimalkan dampak pembongkaran untuk keselamatan warga sekitar.

Menurutnya, pembongkaran untuk menindaklanjuti selesainya proses lelang yang dilakukan Pemkab Purworejo melalui KPKNL Purwokerto. "Sudah ada pemenang, untuk itu bangunan dibongkar," ucapnya.

Pedagang kaki lima di sekitar Pasar Baledono Juminem mengatakan, dirinya siap pindah ke lokasi yang jauh dari pembongkaran. "Saya pindah ke sekitar Pantok demi mendukung program pemerintah," tuturnya.

Juminem menilai, pembongkaran pasar merupakan salah satu upaya serius pemerintah. "Sekarang dibongkar, kami harap tidak lama lagi pasar akan dibangun dan kami kembali berjualan di dalamnya," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI