Pasar Rejowinangun Jadi Rujukan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Meraih predikat pasar terbaik nasional dengan Anugerah Pancawara 2017 menjadikan Pasar Rejowinangun Kota Magelang sebagai lokasi ngangsu kaweruh banyak daerah, baik di wilayah Provinsi Jawa Tengah maupun dari luar Provinsi Jawa Tengah.

Ini seperti yang terlihat Jumat (1/12/2017). Rombongan dari Kabupaten Rembang melakukan studi banding ke pasar yang berada di wilayah 'jantung' Kota Sejuta Bunga. Kedatangan rombongan diterima Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Wahyu yang didampingi Kepala UPT Pasar Rejowiangun Harry Supriyadi. Banyak pertanyaan yang diajukan peserta rombongan, termasuk dari Komisi B DPRD Rembang. Rombongan juga melakukan peninjauan ke beberapa bagian pasar, termasuk tempat penjualan daging, dengan dipandu pengurus Paguyuban Pedagang Pasar Rejowinangun.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindagkop Kabupaten Rembang Isnan Suprayogi SIP kepada KRJogja.com diantaranya mengatakan penataan manejemen, kebersihan, pengelolaan petugasnya dan berbagai faktor lain maupun lainnya, termasuk keberhasilannya meraih predikat terbaik di tingkat nasional, menjadi rujukan untuk ditiru.  

Pengelolaan di Pasar Rejowinangun dinilai luar biasa, setelah terbakar beberapa tahun silam. Pembangunan Pasar Rejowinangun juga memperoleh dukungan anggaran dari 3 pihak, ada dari APBD, APBN dan investor, serta mampu menjadi sebuah bangunan paket yang dinilai luar biasa ini. Ada zoning, ada hal-hal yang dilombakan setiap Minggu tertentu maupun lainnya. Keberadaan Pasar Rejowinangun ini menjadi rujukan studi tiru untuk diadopsi di Kabupaten Rembang.  

Yudianto, salah satu anggota Komisi B DPRD Kabupaten Rembang, secara terpisah kepada KRJogja.com diantaranya mengatakan diinginkan menata pasar dengan cara-cara yang dimulai dari dalam. Ketegasan Walikota Magelang dalam penataan yang tidak pandang-bulu juga memperoleh perhatian. Juga kemungkinan adanya pedagang yang berjualan di pinggir jalan, yang dapat mengganggu arus lalu lintas. Di Kabupaten Rembang juga sedang membangun pasar besar dengan anggaran tidak sedikit. Di Pasar Rejowinangun Kota Magelang, lanjutnya, orang merasa nyaman saat berbelanja.(Tha)

BERITA REKOMENDASI