Pasar Tumpah, Lalu Lintas Kota Purworejo Tersendat

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Lalu lintas dalam Kota Purworejo tersendat karena adanya sejumlah pasar tumpah saat lebaran. Jalan yang tersendat antara lain Jenderal A Yani kompleks Pasar Baledono dan Jalan KHA Dahlan.

Kepala Pospam Lebaran Plaza Purworejo AKP Bambang Sulistiyo mengatakan, lalu lintas tersendat sejak menjelang lebaran. "Momentum lebaran dimanfaatkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan, karena tidak seluruhnya tertampung di pasar, akhirnya melebar sampai jalan," katanya kepada KRJOGJA.com, Selasa (27/6/2017).

Pasar tumpah di Baledono semakin berdampak karena parkir mobil di sepanjang ruas itu. Penyempitan ruas menyebabkan kendaraan harus melaju satu persatu dan pelan.

Kesibukan serupa juga terjadi di Jalan KHA Dahlan. Masyarakat Purworejo dan pemudik memanfaatkan libur lebaran untuk berbelanja di sejumlah toko swalayan.

Menurutnya, antisipasi dilakukan dengan menerapkan buka-tutup lalu lintas kendaraan di pertigaan KHA Dahlan Plaza Purworejo. "Kalau jalan penuh, kami mengalihkan mobil untuk tidak masuk KHA Dahlan," ujarnya.

Bambang juga menyarankan pemudik yang akan melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan untuk menghindari jalur dalam kota. Untuk kendaraan dari arah Magelang, dapat beralih lewat jalan lingkar utara dan barat Purworejo. Begitu juga kendaraan tujuan Magelang dan Semarang.(Jas)

BERITA REKOMENDASI