Pasarkan Produk UMKM Purworejo, Polsa Luncurkan Yodotuku.com

Editor: Agus Sigit

Dikatakan, Yodotuku memiliki model pengelolaan terpusat oleh tim admin sejumlah mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Polsa. Berbagai barang yang akan diunggah dan dipasarkan di dalam website telah lolos survey yang dilakukan tim Yodotuku dan Forum UMKM Purworejo. “Berbeda dengan marketplace pada umumnya, Yodotuku bersifat tertutup, artinya hanya khusus produk UMKM yang sudah disurvey saja yang akan diunggah. Untuk pemasaran, tim Yodotuku yang melakukan dan transaksinya juga lewat website, sehingga pelaku UMKM hanya fokus produksi saja,” terangnya.

Ketika diluncurkan, Yodotuku telah menampilkan 200 jenis produk UMKM. Produk itu dari atas aneka jenis makanan, minuman, fashion, herbal, produk kerajinan, hingga kebutuhan dapur. “Masyarakat kalau butuh berbagai produk UMKM berkualitas dan berkelas, bisa mengakses Yodotuku,” tegasnya.

Sementara itu, Boedhi Hardjono mengatakan, keberadaan Yodotuku.com menjadi sinergi yang baik antara pemerintah dengan akademisi dalam upaya membangun ekonomi Kabupaten Purworejo. “Mudah-mudahan keduanya bisa saling mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Purworejo,” katanya.

Menurutnya, pelaku UMKM memiliki posisi strategis dalam menumbuhkan ekonomi di tengah pandemi. UMKM, lanjutnya, juga merupakan salah satu sektor yang paling terdampak.

Kendati demikan, situasi pandemi bukan lantas tidak dapat diantisipasi. “Tetap ada sisi positifnya, yakni terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatnya keterlibatan UMKM dalam pasar digital,” tuturnya.

Pemerintah juga terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan efektivitas dalam penanganan Covid-19 agar dapat terus mendorong terjadinya perbaikan ekonomi. “Namun karena keterbatasan sumber daya yang ada di pemerintahan, sangat dibutuhkan kolaborasi bersama perguruan tinggi dengan menerjunkan mahasiswanya untuk membina secara langsung ke pelaku usaha khususnya di bidang digitalisasi usaha,” tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI