Pasien Corona Sembuh di Wonosobo Capai 78 Persen

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Wonosobo terus melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) atau rapid test dengan menyasar pasar-pasar tradisional tersebar di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Wonosobo. Seperti dalam pelaksanaan rapid test random di Pasar Sapuran, Selasa (02/06/2020), petugas kesehatan kembali menjaring 2 orang yang reaktif terpapar Covid-19.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Pemkab Wonosobo dr Mohammad Riyatno mengungkapkan bagi masyarakat yang hasil rapid testnya reaktif langsung ditindaklanjuti dengan membawa mereka ke rumah sakit untuk diambil swab dan dites lab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menentukan yang bersangkutan positif Covid-19 atau tidak.

“Terus terjaringnya warga yang reaktif rapid test, otomatis menambah daftar jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini jumlahnya mencapai 284 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 224 dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19, sedangkan 54 PDP masih dirawat di rumah sakit, dan 6 PDP meninggal dunia,” paparnya.

Sedangkan jumlah komulatif pasien positif Covid-19, dalam sepekan terakhir belum ada perubahan atau masih 71 kasus. Dari jumlah tersebut, jumlah pasien sembuh terus bertambah hingga mencapai 55 orang atau tingkat kesembuhan mencapai 78%. Sedangkan pasien positif masih dirawat tinggal 16 orang, dan tingkat kematian akibat Covid-19 masih zero (nol) persen.

Meski terjadi tren tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 yang cukup menggembirakan, namun pihaknya terus mengimbau kepada warga masyarakat di Wonosobo agar tetap mentaati aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Seluruh warga masyarakat tetap wajib memakai masker saat ke luar rumah, rutin mencuci tangan pakai sambun, tetap menjaga jarak, dan berupaya menghindari kerumunan massa,” tandasnya. (Art)

BERITA REKOMENDASI