Pasien Covid-19 Sembuh di Wonosobo Capai 75 Persen

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Setelah sehari sebelumnya mengalami lonjakan jumlah penderita virus korona (Covid-19) di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah hingga mencapai 79 kasus, kini giliran tingkat kesembuhan yang mengalami lonjakan cukup menggembirakan sehingga jumlahnya menjadi 60 orang atau hampir tembus 75% dari jumlah kasus.

“Ya, memang tren kesembuhan pasien Covid-19 di Wonosobo masih terus berlanjut. Dari jumlah akumulatif 79 kasus positif Covid-19, sebanyak 60 orang berhasil sembuh. Jadi kini tinggal 19 orang positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dengan mayoritas pasien hanya mengalami gejala ringan atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG),” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Wonosobo dr Mohammad Riyatno, Kamis (4/6/2020).

Melihat data perkembangan kasus, lanjutnya, memperlihatkan bahwa potensi kesembuhan maupun penambahan kasus positif Covid-19 di Wonosobo masih fluktuatif. Pihaknya bersyukur meski jumlah positif Covid-19 di daerah tergolong cukup tinggi di Jateng, namun berkat kerja keras berbagai pihak, khususnya para tenaga medis maupun tenaga kesehatan, membuat tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Wonosobo sangat tinggi.

Bukan hanya itu, jelas dr Riyatno, keberhasilan lainnya adalah dari pertama penemuan kasus sampai saat ini, tercatat belum ada penderita Covid-19 di Wonosobo yang meninggal atau zero (nol) kematian. “Kami bersyukur, meski menjadi salah satu daerah zona merah penularan Covid-19 di Jawa Tengah, namun tercatat belum ada angka kematian atau masih ‘zero’ kematian pasien positif Covid-19 sampai sekarang,” ujarnya.

Namun demikian, papar dr Riyatno, berbagai keberhasilan tersebut tidak lantas mengendurkan tanggap darurat percepatan penanganan wabah Covid-19 di daerah. Apalagi jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) juga terus meningkat atau mencapai 296 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 255 PDP berhasil sembuh, 35 PDP masih dirawat di rumah sakit, dan 6 PDP meninggal dunia.

Tim Gugus Tugas dari tingkat kabupaten, kecamatan, sampai desa pun terus mengimbau kepada warga masyarakat di Wonosobo agar tetap mentaati aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Seluruh warga masyarakat wajib memakai masker saat ke luar rumah, rutin mencuci tangan pakai sambun, tetap menjaga jarak, dan hindari kerumunan atau tetap di rumah saja bersama keluarga tercinta jika tidak ada keperluan penting dan mendesak,” pungkasnya. (Art)

 

BERITA REKOMENDASI