Pasien Positif Corona di Magelang Tinggal 5 orang

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang hingga Selasa (30/06/2020) tinggal 5 orang dari 17 orang sebelumnya. Tercatat hari ini ada 13 pasien positif yang dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif. Meski demikian, hari ini ada tambahan 1 pasien positif dari Kecamatan Secang. Sehingga jumlah kumulatif pasien positif di wilayah ini ada 144.

“Sebanyak 144 itu, rinciannya ada 5 yang saat ini masih dirawat, 4 meninggal dan 135 yang dinyatakan sembuh. Sedang 13 pasien yang hari ini sembuh, 6 diantaranya dari Kecamatan Ngablak dan 2 dari Kecamatan Secang. Untuk yang lainnya, berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Windusari, Tegalrejo, Grabag dan Kecamatan Dukun,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sementara hari ini ada 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari Kecamatan Dukun yang meninggal. Ia seorang perempuan berusia 71 tahun. Sebelumnya, ia dibawa ke RS Aisiyah Muntilan tanggal 28 Juni pukul 22.00 WIB, namun karena kondisinya memburuk dirujuk ke RSUD Tidar tanggal 29 Juni namun akhirnya meninggal. “Untuk hasil rapid testnya, menunjukkan almarhum reaktif, sehingga masuk dalam status PDP,” katanya.

Selain ada satu PDP meninggal hari ini ada 5 PDP sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Pakis, Ngluwar, Borobudur dan Muntilan. Namun demikian hari ini ada 5 PDP baru, berasal dari Kecamatan Salaman, Windusari, Muntilan, Dukun dan Kecamatan Secang.

“Selain itu juga ada satu PDP alih status domisili dari kecamatan salaman ke borobudur. Dengan tambahan lima baru dan lima sembuh serta satu meninggal itu, jumlah PDP kumulatif saat ini ada 274 orang. Rinciannya, 12 dirawat, 34 meninggal dan 228 sembuh,” jelasnya.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada tiga yang lolos pantau. Sehingga jumlah ODP yang masih dipantau tinggal 16 dari 19 orang sebelumnya. “Untuk pasien yang dirawat hingga saat ini, tinggal di RS Jiwa Soerojo Kota Magelang sebanyak 7 orang dan di RSUD Muntilan juga ada 7 orang. Untuk tiga rumah sakit rujukan lainnya, meliputi RSUD Tidar, RST Soedjono dan RS Merah Putih, sudah tidak merawat pasien covid-19,” ungkapnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI