Pasien Positif di Magelang Tambah Satu

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang kembali bertambah 1 orang, Sabtu (11/07/2020). Ia adalah laki-laki usia 39 tahun dari Kecamatan Salaman. Kini jumlah pasien positif yang dirawat menjadi 8 dari 7 orang sebelumnya.

Menurut Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti mengatakan untuk jumlah kumulatif kini menjadi 150 orang, dengan rincian 8 dirawat, 138 sembuh dan 4 meninggal. Beberapa tambahan pasien positif akhir-akhir ini di Kabupaten Magelang terpapar dari orang luar daerah.

“Seperti tambahan terakhir dari Salaman ini. Ia adalah pekerja di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta seminggu sekali pulang ke Salaman. Hal sama juga untuk tambahan 4 orang yang semuanya satu keluarga dari Kecamatan Mertoyudan. Mereka terpapar Covid-19 dari salah satu anaknya, yang sering bepergian ke Jakarta,” katanya.

Untuk saat ini, kata Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang itu pihaknya tengah melakukan tracing terhadap warga yang melakukan kontak erat dengan tambahan di Kecamatan Mertoyudan dan Salaman tersebut. “Untuk saat ini, kami baru melakukan tracing. Setelah itu dilanjut rapid test terhadap warga yang melakukan kontak erat dengan tambahan yang positif tersebut. Terlepas dari itu, kami minta warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap orang yang sering bepergian ke luar kota. Demikian pula orang yang datang dari luar kota,” pintanya.

Sementara Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menambahkan, selain ada tambahan satu positif dari Kecamatan Salaman itu, hari ini juga ada tambahan 4 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Mereka berasal dari Kecamatan Dukun, Kajoran, Grabag dan Ngablak. Meski demikian ada 2 PDP yang dinyatakan sembuh, mereka berasal dari Kecamatan Srumbung dan Grabag.

“Dengan tambahan 4 dan 2 sembuh ini, jumlah PDP yang dirawat ada 10 dari 8 orang sebelumnya. Untuk jumlah kumulatifnya, ada 294 orang. Rinciannya, 10 dirawat, 258 sembuh dan 36 meninggal,” imbuhnya.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada 1 orang yang lolos pantau. Namun demikian, ada tambahan 12 orang yang saat ini dilakukan pemantauan.

“Sebanyak 12 orang itu, mayoritas adalah yang diduga pernah kontak erat dengan tambahan positif terakhir. Sedang total ODP yang saat ini dipantau ada 19 orang,” ungkapnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI