Patuhi Ini Agar Tidak Ditilang Saat Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2018

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kepolisian Resor (Polres) Purworejo menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018 selama 21 hari mulai Senin (5/3). Sebanyak 84 petugas yang diterjunkan dalam operasi akan menindak pengguna jalan yang ketahuan melakukan berbagai pelanggaran.

Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya SIK mengatakan, operasi tersebut digelar untuk menekan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Purworejo. Sebagian besar lakalantas terjadi karena kecerobohan pengguna jalan. "Selama ini faktor manusia mendominasi tingkat kecelakaan di Purworejo," ucapnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (6/3/2018).

Meski kepolisian tetap mengedepankan kegiatan pre-emptif dan pencegahan, namun petugas akan tetap menindak setiap pelanggaran yang ditemukan di jalanan. Polisi memberi beberapa tips agar aman berkendara, sekaligus tidak ditilang.
 
1. Tidak menggunakan ponsel selama berkendara
2. Menggunakan helm berstandar SNI.
3. Tidak melanggar lampu lalu lintas.
4. Tidak melawan arus.
5. Tidak parkir sembarangan.
6. Tidak berkendara di bahu jalan.
7. Pengendara mobil selalu memakai sabuk keselamatan.
8. SIM, STNK dan TNKB (pelat nomor) lengkap, sesuai standar serta masih berlaku.

Kasatlantas Polres Purworejo AKP Himawan Aji Angga menambahkan, penggunaan ponsel saat berkendara jadi sasaran utama petugas di lapangan. Penggunaan ponsel saat berkendara menurunkan konsentrasi, sehingga dapat berujung kecelakaan lalu lintas.

Meski demikian, jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purworejo mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir. Apabila tahun 2016 terjadi 452 kasus, tahun 2017 turun menjadi 435 kejadian.

Jumlah korban tewas juga menurun dari 110 jiwa menjadi 108 pada tahun 2017. Luka berat turun dari 5 korban menjadi 3, sedangkan luka ringan dari 551 orang menjadi 510. "Dalam data kami, sebagian besar kecelakaan itu karena penggunakan ponsel saat berkendara," ungkapnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI