Patung Dinosaurus, Ikon Taman Kartini Temanggung Roboh

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Patung dinosaurus yang menjadi ikon taman Kartini Kowangan Temanggung roboh. Pemerintah Kabupaten setempat tidak akan mendirikan patung serupa untuk mengganti, namun akan didirikan bangunan lain yang sesuai konsep dan tata arsitektur saat ini.

Seorang tenaga kebersihan taman Kartini Kowangan, Suwarno mengatakan patung dinosaurus roboh pada Jumat (11/10/2019) petang sekitang pukul 18.00 WIB. Tidak ada orang di bawah atau sekitar patung saat peristiwa itu, padahal biasanya ramai pengujung untuk berswafoto.

Baca juga :

Produktivitas Tembakau di Temangung dan Magelang Berkurang 50 Persen

"Kami terkejut mendengar suara benda berat jatuh. Ketika ditengok ternyata patung dinosaurus roboh," katanya kepada KRJOGJA.com, Senin (14/10/2019).

Ia mengemukakan patung yang dibangun sekitar tahun 1977 itu sebagai penuh kenangan dan keberadaannya dianggap sebagai ikon Temanggung. Warga terutama anak-anak berfoto bersama patung tersebut, bahkan dahulu dirinya juga berfoto dengan patung dinosaurus saat ia masih kanak-kanak. "Banyak yang berswafoto dengan patung dinosaurus," katanya.

Suwarno tidak tahu penyebab yang pasti robohnya patung itu, namun kemungkinan besar termakan usia. Besi sudah berkarat dan material bangunan sudah lapuk, sehingga tidak lagi kokoh.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto mengatakan patung dinosaurus sebagai salah satu ikon wisata di kabupaten tersebut. "Patung itu telah turut meningkatkan wisatawan ke Temanggung, terutama mengunjungi taman Kartini," katanya.

Ia mengatakan jajarannya tidak akan membangun patung serupa untuk menggantinya, karena dirasa tata ruang dan konsep taman Kartini sudah berbeda. Dahulu taman Kartini luas dan longgar, namun kini sudah sempit karena telah ada gedung perpustakaan dan menjadi kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip. "Mungkin nanti akan dibangun semacam shelter untuk pengunjung, namun masih tahun depan," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI