PDAM Purworejo Gratiskan Biaya Pelanggan Dua Bulan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo membebaskan biaya pelanggan air bersih untuk dua bulan kedepan. Pembebasan biaya air minum ini didasari pada kondisi ekonomi masyarakat terdampak wabah virus corona (Covid-19).

“Mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat yang semakin sulit akibat pandemi covid-19, maka PDAM memberikan subsidi atau pembebasan biaya pelanggan selama dua bulan mulai bulan depan,” kata Direktur PDAM Tirta Perwitasari Purworejo Darmawan Wahyu Utomo ST MT, Sabtu (18/4).

Pemberian subsidi ini khusus untuk pelanggan kalangan sosial khusus dan pelanggan sosial umum. Disamping itu juga memberikan subsidi hingga 50 persen untuk pelanggan rumah tangga miskin (RTM).

Dengan subsidi selama dua bulan ini menurut Darmawan Wahyu Utomo, PDAM otomatis akan mendonasikan anggarannya sekitar Rp 100 juta untuk ratusan pelanggan yang tersebar di wilayah Purworejo. “Ini sekaligus merupakan timbal balik keuntungan kepada masyarakat, dengan membagikan sebagian keuntungan PDAM untuk masyarakat,” jelasnya.

Pemberian subsidi pelanggan PDAM ini menurut Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Purworejo Dra Titik Mintarsih MPd, didasarkan pada Keputusan Bupati Purworejo tentang pemberian subsidi dan pembebasan biaya langganan air kepada pelanggan sosial khusus dan pelanggan sosial umum, dengan pertimbangan bahwa pandemi yang telah menjadi bencana global dan telah ditetapkan menjadi bencana ini, termasuk di Purworejo.

“Ini termasuk gangguan kehidupan masyarakat dan psikologis, yang menimbulkan kerugian material dan berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, disamping jatuhnya korban jiwa,” katanya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI