Pedagang di Kawah Sikidang Direlokasi

Editor: Ivan Aditya

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Relokasi ratusan pedagang di kawasan kawah Sikidang Dieng Banjarnegara segera dilakukan. Mereka akan menempati lahan milik Perhutani seluas 5.000 meter persegi yang terletak di belakang gardu pandang kawah Sikidang.

Kepala Desa Dieng Kulon, Slamet Budiono, Selasa (18/12/2018) mengatakan,  jumlah pedagang di kawah Sikidang sekitar 180 orang. "Para pedagang tak keberatan, karena mereka sadar bahwa program relokasi untuk kepentingan bersama, juga menyangkut mata pencaharian mereka sendiri," katanya.

Para pedagang selama ini menempati sebagian tempat parkir. Pedagang baru terus bermunculan. Belakangan tenda-tenda milik pedagang makin mendekat ke arah kawah dan merusak pemandangan.

Sosialisasi rencana relokasi pedagang dilakukan pekan lalu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Banjarnegara dan Perhutani KPH Banyumas Timur. Relokasi dipastikan akan dilakukan pada awal 2019.

Kepala Dinbudbar Kabupaten Banjarnegara, Dwi Suryanto, mengatakan, relokasi pedagang di kawah Sikidang merupakan tidak lanjut dari rapat koordinasi antar lembaga di Kementerian Pariwisata beberapa waktu lalu. Rakor digelar berkait dengan ditetapkannya 4 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Dieng, Karimunjawa dan Sangiran.

Menurut Dwi, dengan dilakukannya penataan pedagang, akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan. "Tempat parkir yang selama ini tersita untuk lapak pedadang, nantinya bisa untuk istirahat wisatawan," katanya.

Tentang pola pembangunan tempat berjualan di lokasi relokasi pedagang, menurut Dwi pula, akan dilakukan secara swadaya. (Mad)

BERITA REKOMENDASI