Pedagang Mulai Pindah ke Sentra Kuliner Jatimalang

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Belasan pedagang makanan di tepi pantai mulai pindah ke kawasan Sentra Kuliner Jatimalang di Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Pedagang secara mandiri membongkar warung semi permanen dan mulai berjualan di lokasi yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo.

Pedagang mulai memindahkan usaha pada Kamis (6/9) siang. "Kami mendukung program pemkab, apalagi sudah difasilitasi tempat baru," ujar pedagang kuliner Isyanto, kepada KRJOGJA.com, Jumat (7/9).

Menurutnya, pedagang senang bisa pindah ke lokasi baru. Mereka memiliki harapan besar kondisi perekonomian akan meningkat setelah berjualan di sentra kuliner. Namun Isyanto berharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo juga memiliki visi yang sama dalam mengembangkan kawasan sentra kuliner.

"Paling penting, dinas berjalan seiring dan terus berupaya meramaikan sentra kuliner. Pada masa awal mungkin masih sepi sehingga harus diantisipasi pemkab, misal dengan sering menggelar kegiatan pentas," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinparbud Purworejo Agung Wibowo AP mengemukakan, ada tiga pedagang yang bertahan tidak mau pindah. Mereka tetap menuntut kompensasi biaya pendirian bangunan kepada pemkab.

Meski demikian, pemkab tetap meneruskan proses pengisian kios sentra kuliner. Pemkab, katanya, tidak akan memberi kompensasi kepada pedagang. "Tidak ada ganti rugi, proses tetap jalan sesuai rencana," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI