Pelaksanaan Misa Natal Dijaga Ketat

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Persiapan dan pelaksanaan Misa Natal 2019 di gereja dalam pengamanan kepolisian dan TNI untuk memastikan tetap terjaga kondusivitas. Ratusan personel telah diterjunkan, dengan komposisi yang berbeda antar gereja disesuaikan dengan banyak dan sedikitnya jemaat.  

Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Ali mengatakan dalam melaksanakan pengamanan Natal 2019 maupun Tahun Baru 2020, Polres dan Kodim 0706 telah bersiap sejak dini. " Kami mendirikan 6 pos pengamanan, terdiri atas 3 pospam dan 3 pos terpadu yang melibatkan anggota Polri, TNI, instansi samping baik dari kesehatan, satpol PP, Dinas Perhubungan," kata dia Selasa, (24/12).

Dia mengatakan itu dalam memantau kesiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan melakukan inspesksi mendadak di sejumlah pos pengamanan dan gereja. Dalam kegiatan itu dia bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Temanggung.

FKPD yang terdiri atas Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Ketua DPRD Yunianto, Dandim 0706 Letkol Inf. A.Y. David Alam, dan Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali saat sidak di pos pengamanan memberikan bingkisan kepada petugas jaga. .

Dikatakan setiap gereja pada saat kegiatan nanti ditempatkan 2 personil Polri dan 2 personil TNI dengan dibantu pengamanan swakarsa dari masing-masing gereja. Selain itu juga ada ormas seperti Banser ikut melaksanakan pengamanan di gereja-gereja.

"Dalam pengamanan ini kita lebih mengedepankan pengamanan secara humanis, namun tidak mengurangi kesiapan kita dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru agar berjalan dengan aman dan nyaman," katanya usai meninjau persiapan Natal di Gereja Santo Petrus dan Paulus Temanggung.
 
Kapolres menyampaikan ada beberapa titik yang diamankan, termasuk titik krusial seperti jalur lalu lintas yang padat, ditempatkan pospam seperti di Pringsurat dan Parakan dan juga pengamanan untuk tempat-tempat ibadah, khususnya gereja, tetapi tempat ibadah lain juga dilakukan pemantauan. (Osy)

BERITA REKOMENDASI