Pelaku Industri Kerakyatan Terima Bantuan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Industri agro yang memiliki potensi dan peluang besar masih menghadapi berbagai kendala, terutama teknologi serta kurangnya sumberdaya manusia (SDM) industri yang handal dan terampil dengan kompetensi yang tinggi.  Padahal industri agro memiliki peran penting dalam pembangunan, kontribusi PDB sektor ini terhadap industri non migas nasional mencapa lebih dari 49 persen.

"Ini merupakan kontribusi tertinggi jika dibanding dengan sektor industri lainnya," kata Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Dirjen Industri Agro pada Kementerian Perindustrian RI Ir Edy Sutopo MSi, pada serah terima bantuan mesin industri kerakyatan kepada koperasi/kelompok usaha untuk pelaku industri kerakyayan Kabupaten Purworejo dan Wonosobo di Pendapa Rumah Dinas Wakil Bupati Purworejo di Kutoarjo, Senin (17/12/2018).

Bantuan mesin dan peralatan yang diberikan kepada para pelaku industri kerakyatan diantaranya pengolahan gula semut dan mesin pengemas minyak goreng  kelapa Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Purworejo. Mesin pengolahan gula tebu yang diberikan kepada 10 kelompok pada Koperasi Tebu Mandiri Purworejo yang terdiri dari 10 unit mesin peras tebu, 10 unit tungku, 70 unit wajan, 10 unit timbangan duduk digital, dan 150 unit alat cetak gula merah tebu. Juga industri furnitur dan kayu olahan untuk Kelompok Usaha Pengrajin Kayu Karya Abdi Purworejo, serta industri furniture dan kayu olahan kepada Kelompok Usaha Pengrajin Kayu EMHA Craft Wonosobo dn lainnya.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH berhadap kepada Dinas Koperasi UKM Perdagangan (KUKMP) dapat  memberikan dukungan untuk terus menumbuhkembangkan dan memajukan industri kecil menengah (IKM) di Purworejo. (Nar)

BERITA REKOMENDASI