Majukan Usaha, Pelaku UMKM Diajari Pemasaran Online

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Tim Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) memberikan pelatihan pembukuan usaha dan pemasaran online untuk pelaku usaha rakyat. Kali ini dilakukan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Yangko Anindita di Desa Geparang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana mencatat laporan keuangan dan keterampilan pemasaran secara online,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan Cahyana Nursidiq MPd, Senin (24/8).

Dijelaskan, pelatihan ini dilakukan berdasar analisis kebutuhan pelaku usaha Yangko Anindita yang selama ini pemasaran produk hanya terbatas di sekitaran Kecamatan Purwodadi dengan sistem konsinyasi di beberapa warung dan sekolah. “Namun dengan adanya pandemi covid-19 usahanya terhenti total,” tandasnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara UMP, Kemenristek/Brin dengan UMKM Yangko Anindita Purwodadi. Diawali dengan pembuatan akun media sosial, intagram dan facebook, berlanjut mengajarkan kepada pelaku usaha untuk belajar mengelola akun. “Saat ini akun masih dikelola tim, nanti setelah kegiatan pelatihan selesai akan diserahkan kepada pelaku usaha agar bisa belajar untuk mandiri dalam mengelolanya,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI