Pelanggan PDAM Minta Perbaikan Layanan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Para pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Purwitasari Kabupaten Purworejo meminta agar pelayanan dapat ditingkatkan. Menyusul rencana kenaikan tarif dasar dari Rp 1.375 menjadi Rp 1.931 atau sekitar 30 persen.

“Permasalahannya air sering tidak lancar. Tapi jika air lancar, kenaikan tarif tidak masalah,” kata Sudarminto salah seorang pelanggan PDAM pada temu pelanggan dalam rangka sosialisasi rencana penyesuaian tarif air minum PDAM Tirta Purwitasari di pendapa rumah dinas Bupati Purworejo, Kamis (17/11/2016).

Pada kesempatan itu Kepala Bidang Analis Keuangan  Investasi dan Promosi (AKIP) pada Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum Drs Adi Susetyo MSi mengatakan, tarif dasar PDAM Purworejo sebesar Rp 1.375 sangat kecil jika dibandingkan dengan ongkos produksi.

“Apalagi air baku di Purworejo sangat terbatas, sehingga untuk memenuhi kebutuhan air harus melakukan pengolahan. Ini menimbulkan biaya operasional cukup besar jika dibanding dengan menggunakan air baku,” jelasnya.

Menurutnya, akibat keterbatasan persediaan sumber air baku ini, banyak calon pelanggan yang antre karena dari hihak PDAM belum bisa memenuhi sambungan instalasi baru akibat keterbatasan produksi. (Nar)

BERITA REKOMENDASI