Pelatihan di BLK Temanggung Potensi Dibantu Permodalan

Editor: Ary B Prass

 

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Meski masa Pandemi Covid-19, minat warga untuk mengikuti pelatihan di balai latihan kerja (BLK) Kabupaten Temanggung tetap tinggi. BLK terpaksa menolak, karena telah mencapai kuota dan adanya keterbatasan anggaran.

 

Kepala Dinas perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung Agus Sarwana mengatakan ketertarikan warga untuk ikuti pelatihan di BLK Temanggung yakni selain gratis, setelah pelatihan akan disalurkan pada perusahaan sesuai jurusan.

 

” Peserta yang ingin berwiraswasta juga dimungkinkan mendapatkan permodalan. Permodalan didapatkan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Temanggung,” kata Agus Sarwana, Senin (13/9/2021).

 

Dia mengatakan tidak ada anggaran untuk bantuan permodalan, yang ada dari BAZ. Sehingga pihaknya berkomunikasi dengan BAZ. Syarat permodalan ditetapkan oleh BAZ, tetapi yang pasti tidak diminta untuk dikembalikan, melainkan setelah sukses diminta berinfaq yang nanti setelah terkumpul dana digulirkan untuk bantuan pada yang lain.

 

Dikemukakan telah ada komunikasi dengan pihak perusahaan. Peserta pelatihan yang tertarik akan disalurkan pada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru. ” Ada lowongan di sebuah perusahaan garmen, sehingga peserta pelatihan menjahit akan disalurkan pada sebuah perusahaan tersebut,” kata dia sembari mengatakan adanya berbagai keunggulan itu menjadikan minat pelatihan tinggi.

BERITA REKOMENDASI