Pelatihan Pembuatan Kerajinan Genitri

KEBUMEN (KRjogja.com) – Guna mengoptimalkan pemanfaatan biji genetri sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan, Dinas Perindustrian Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan teknik produksi dan pengolahan
genetri menjadi berbagai barang kerajinan bagi 30 pelaku industri kecil menengah (IKM) dari 6 kabupaten/kota se Kedu, yaitu Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Kebumen, Kabupaten dan Kota Magelang.

"Tanaman genetri saat ini sudah menyebar dan tumbuh dengan baik di beberapa daerah di wilayah Kedu seperti Kebumen, Wonosobo,Purworejo dan Temanggung, namun pemanfaatannya sebagai barang kerajinan belum optimal.
Dengan pelatihan ini mudah-mudahan bisa membuka wacana peserta untuk menciptakan aneka produk kerajinan dari biji genetri yang bisa diterima oleh pasar," ujar salah satu panitia pengelenggara, Wulandari, seusai
penutupan pelatihan, di aula sebuah hotel di Kebumen, Kamis (25/08/2016).

Menurut Wulandari, dalam pelatihan selama 3 hari tersebut peserta digembleng membuat aneka produk kerajinan seperti tas, gelang, kalung dan gantungan kunci dari rangkaian biji genetri. Selama tiga hari tersebut setiap peserta dilatih agar bisa membuat minimal 6 jenis produk kerajinan.

" Mengingat pembuatan kerajinan biji genetri ini merupakan kegiatan baru bagi peserta, mereka rata-rata antusias menekuni materi pelatihan," ujar Wulandari.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI