Pelayanan Makin ‘Oke’, Disdukcapil Terima Sertifikat ISO 9001:2015

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo menerima sertifikat ISO 9001:2015 dari Quality Registrar Systems (QRS). Lembaga sertifikasi internasional itu menilai dinas telah memberi pelayanan administrasi kependudukan yang prima kepada masyarakat Purworejo.

Kepala Disdukcapil Purworejo Sukmo Widi Harwanto mengatakan, pengakuan lembara sertifikasi tersebut menjadi pemacu semangat dinas. "Harus semakin baik dalam melayani masyarakat," tegasnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (4/9/2018). 

Menurutnya, optimalisasi pelayanan publik adalah bagian visi dan misi Bupati seryta Wakil Bupati Purworejo. Pemerintah, katanya, tidak ingin pelayanan administrasi kependudukan dilakukan secara asal-asalan. 

Administrasi kependudukan, katanya, adalah hak dan sangat dibutuhkan masyarakat. "Untuk itu tidak boleh sembarangan, kami bertekad  pelayanan adminitrasi kependudukan satu haru selesai. Kami ingin membahagiakan masyarakat dengan pengurusan dokumen gratis, cepat, sehingga pulang sambil tersenyum," terangnya.

Proses akreditasi dilakukan selama empat bulan di bawah pendampingan asesor profesional QRS. Dinas mempersiapkan dokumen, kelengkapan fasilitass, sarana dan sumberdaya manusia. Dinas juga menyiapkan SOP, standar pelayanan dan pencantuman biaya pengurusan dokumen.

Dikatakan, tidak banyak perubahan dalam mempersiapkan berbagai syarat akreditasi karena kecepatan waktu, ketepatan dan kemudahan pelayanan sudah diterapkan Disdukcapil Purworejo. Bahkan untuk memberi pelayanan lebih, katanya, dinas membuat fasilitas ramah disabilitas dan ruang  bermain anak.

Kepala Auditor Ali Mansur menambahkan, Disdukcapil Purworejo dinilai memenuhi syarat dalam Manajemen Pelayanan Publik ISO 9001:2015. “Setelah sertifikasi, selanjutnya disdukcapil akan diaudit setahun sekali,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI