Peluang Ekspor Udang Vanamei Purworejo Semakin Terbuka

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Peluang ekspor udang vanamei dari Kabupaten Purworejo dalam bentuk produk segar, semakin terbuka. Keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) semakin mendekatkan sentra budidaya tambak di pesisir Purworejo dengan negara-negara di berbagai belahan dunia.

Jarak dinilai tidak lagi menjadi kendala karena adanya akses transportasi internasional lewat udara itu. “Hal yang membedakan Purworejo sekarang dan dahulu adalah adanya deru suara pesawat. Maknanya adalah kita sudah semakin dekat dengan dunia luar, yang artinya peluang pasar udang vanamei Purworejo tentu bertambah luas,” tutur Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purworejo Bambang Jati Asmara, saat berdiskusi dengan petambak udang di Desa Jatikontal Kecamatan Purwodadi, Sabtu (18/10/2020).

Dalam dialog Kemitraan Multi Pihak, Tambak Udang Rakyat Menggerakkan Ekonomi Jawa Tengah yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dan Pemkab Purworejo itu, Bambang Jati mengungkapkan jika keberadaan bandara sangat bisa dimanfaatkan pelaku budidaya untuk memperluas jangkauan pasar ekspor. Mereka, lanjutnya, tinggal meningkatkan memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan produk.

“Namun konsekuensinya adalah petambak harus menghasilkan produk yang benar-benar berkualitas ekspor dan mampu memenuhi permintaan pasar,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI