Peluang Ekspor Udang Vanamei Purworejo Semakin Terbuka

Dalam dialog, hadir Direktur Regional 1 Kementerian PPN/Bappenas Uke Muhammad Husein dan Kepala Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sugeng Raharjo, serta Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Purworejo Wasit Diono. Menteri PPN/Bappenas Suharso Manoarfa yang awalnya dijadwalkan hadir, membatalkan kehadirannya karena ada tugas negara lain.

Sejumlah petambak menyampaikan kendala budidaya antara lain keterbatasan akses jalan dan jembatan menuju kawasan tambak, penyakit udang, dan status kepemilikan lahan. “Selain itu, persoalan yang tidak kalah pentingnya adalah harga jual yang kerap tidak stabil, sehingga merugikan kami,” kata petambak yang juga Kades Jatikontal, Suyanto.

Direktur Regional 1 Kementerian PPN/Bappenas Uke Muhammad Husein mengatakan, persoalan itu akan didiskusikan dengan bidang terkait di kementerian. Menurutnya, pembahasan persoalan terutama terkait akses, menjadi penting mengingat ruas itu juga berfungsi sebagai jalur evakuasi apabila sampai terjadi tsunami.

Menurutnya, kendala yang dihadapi para petambak membuat usaha meningkatkan kesejahteraan menjadi kurang optimal. Pemerintah dapat memfasilitasi kerja sama kemitraan multi pihak, yakni antara pemerintah, masyarakat, dan swasta. “Atau juga bisa menambah pihak yang diajak bekerja sama, misalnya melibatkan akademisi. Kita serap ilmu dari para ahli untuk mengoptimalkan budidaya,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI