Pemanfaatan Fasilitas Pelican Crossing Belum Maksimal

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemanfaatan pelican crossing yang difasilitasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Purworejo untuk menyeberang  belum banyak dimanfaatkan warga masyarakat. Para pengendara kendaraan juga banyak yang belum sadar, sehingga saat lampu menyala merah tetap saja menerobos.

“Memang butuh sosialisasi, karena masyarakat banyak yang belum paham memanfaatkan fasilitas ini sehingga ketika akan menyeberang tetap masih menunggu kendaraan sepi. Padahal cukup dengan memencet tombol, dalam waktu bebeberapa detik, lampu trafick ligh akan menyala merah yang berarti kendaraan harus berhenti,” kata Kepala Dishub Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi, Senin(03/12/2018).

Fasilitas pelican crossing itu kini sudah dipasang di dua tempat di wilayah Purworejo, di Jalan Jend Sudirman atau depan RSUD Dr Tjitrowardojo dan di Jalan Mayjend Sutoyo depan Masjid Agung Darul Muttaqin. “Di jalur lurus ini sering banyak orang menyeberang, namun waktunya tertentu sehingga untuk memudahkan penyeberang kami fasilitasi dengan pelican crossing,” jelasnya.

Ditambahkan pula, pelican crossing akan berfungsi ketika tombol dipencet untuk kepentingan menyeberang. Beberapa saat setelah tombol yang berada di seberang jalan dipencet lampu akan menyala merah sehingga kendaraan harus berhenti member kesempatan orang menyeberang. Setelah selesai, otomatis lampu akan kembali pada posisi lampu menyala kuning, sebagai tanda kendaraan untuk berhati-hati. (Nar)

BERITA REKOMENDASI