Pemasangan APK jadi Bahan Evaluasi Pemilu 2019

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemasangan alat peraga kampanye (APK) pada Pemilu 2019 lalu memperoleh perhatian banyak pihak di forum Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 yang dilaksanakan KPU Kabupaten Magelang di Grand Artos Hotel & Convention Magelang, Selasa (20/8/2019). Adanya regulasi berkaitan dengan lokasi pemasangan APK juga disinggung, apakah menggunakan Peraturan Bupati (Perbup) atau perlu dengan Peraturan Daerah (Perda).

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin SAg kepada KRJogja.com mengatakan evaluasi ini dilakukan diantaranya dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Pemilu yang akan datang. Dari kegiatan evaluasi ini diharapkan muncul masukan-masukan, baik secara regulatif maupun praktis di lapangan seperti apa.

"Kita berharap kedepan pemerintah daerah juga bisa menerbitkan Perbup atau Perda tentang lokasi penempatan alat peraga kampanye," kata Afiffuddin. Beberapa tahun lalu sudah pernah diusulkan, tetapi belum juga ada. 

Pada Pemilu serentak 2019 lalu masih merujuk pada Perda Reklame, belum ada yang khusus tentang APK. Ketika pada saat pelaksanaan kadang-kadang menjadi banyak kendala, karena kategorinya berbeda.  "Reklame kan lebih banyak ke komersial, sedang untuk kampanye itu nOn komersial," jelasnya.

Karena sudah jelas untuk kegiatan rutin lima tahunan, lanjutnya, sifatnya terus-menerus dan tidak ada salahnya dibuat suatu peraturan daerah untuk pemasangan APK. Setelah dilihat, lanjutnya, ternyata lokasi yang milik publik tidak banyak. "Karena ketika mundur sedikit dari jalan, sudah milik pribadi dan harus seizin yang memiliki tanah," tambahnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI