Pembakar Hutan Dijerat Hukuman 15 Tahun Penjara

Ditegaskan, bahwa melakukan sosialisasi dan kampanye kepada masyakat sekitar hutan tentang ancaman hukuman terhadap oknum yang terbukti membakar hutan, adalah tugas semua pihak. “Sesuai dengan undang-undang No 41 tahun 1999 tentang kehutanan pada pasal 50 ayat 3 huruf d, bahwa ancaman hukuman terhadap pembakar hutan adalah 15 tahun penjara atau denda Rp 5 milyar,” tegasnya.

Sementara Administratur KPH Kedu Utara, Ir Damanuhuri usai apel menambahkan, bahwa apel siaga tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari intruksi Presiden Nomor 5 Tabun 2020. Selain itu juga didasarkan surat edaran Mentei Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta surat perintah Direksi Perum Perhutani dan surat perintah Kepala Divisi Regional Jawa Tengah. “Inti dari semua itu adalah supaya segenap petugas selalu dalam keadaan siap siaga dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan,” imbuhnya.

Dalam apel tadi juga dihadiri Kapolres Magelang, AKBP Ronald Ardiyanto Purba, Dandim 0705 Magelang, Letkol Czi Anto Apriyanto Ssos dan perwakilan camat se Kabupaten Magelang, petugas BPBD dan perwakilan sejumlah relawan. (Bag)

BERITA REKOMENDASI