Pembangunan Empat Jembatan Belum Selesai Saat Lebaran

PURWOREJO,KRJOGJA.com – Kontraktor pemenang tender mulai membangun empat jembatan dari delapan yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo sepanjang 2017. Pembangunan belum selesai dan infrastruktur baru itu belum bisa digunakan saat arus mudik dan balik Lebaran.

Akses dalam proses pekerjaan adalah jembatan Sungai Tunggorono di Desa Kaliwatu Kranggan Kecamatan Butuh, jembatan Sungai Kodil Desa Kaliwader Bener, Jembatan Siluwek Ngombol dan jembatan Sungai Bogowonto di Sejiwan Trirejo Loano tahap I. "Ada empat sudah proses dan karena baru mulai, realisasi pembangunannya juga belum begitu tinggi," ujar Dion Agasi Setyabudi, Ketua Komisi B DPRD Purworejo, kepada KRJOGJA.com, Jumat (26/5/2017).

Kendati demikian, warga tetap bisa mengakses empat jalur transportasi itu. Pemerintah tidak membongkar jembatan lama dan membangun akses baru di sebelah bangunan itu.

Namun Dion meminta pelaksana pekerjaan memperhatikan kenyamanan masyarakat yang memanfaatkan akses tersebut. Pekerja proyek harus merapikan material dari badan jalan sehingga tidak mengganggu arus kendaraan.

Dalam kunjungannya di jembatan Sungai Tunggorono, anggota Komisi B DPRD Purworejo mengapresiasi pembangunan tersebut. Pelaksanaan pekerjaan telah mencapai 23 persen dari 12 persen yang direncanakan. Komisi B hanya meminta pelaksana untuk merapikan pekerjaan mereka.

Konsultan pengawas pembangunan jembatan Desa Kaliwatu Kranggan, Artadi menuturkan, pemerintah menarget pembangunan selesai Oktober 2017. Jembatan Kaliwatu Kranggan dibangun sepanjang 76 meter dengan lebar 6,2 meter. "Kami fokus mengerjakan dan terbantu cuaca kemarau. Adapun menghadapi lebaran, nanti material yang sekiranya mengganggu akses jalan, akan dibereskan," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Perencanaan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purworejo Suranto menambahkan, jembatan di Kaliwatu Kranggan membuka akses menuju Kecamatan Kemiri.  "Jembatan itu akses alternatif Kecamatan Butuh ke Kemiri. Pemkab mengalokasikan dana Rp 4,7 miliar untuk membangunnya," terangnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI