Pembangunan Gedung Rawat Inap 7 Lantai Capai 97 Persen

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) –  Pembangunan gedung rawat inap 7 lantai rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Temanggung telah mencapai 97 persen. Gedung ini siap diresmikan dan ditempati akhir Desember 2016 untuk pelayanan rawat inap.

 

Direktur RSUD Temanggung dr Artiyono MKes, Kamis (8/12) mengatakan pembangunan fisik gedung 7 lantai itu secara umum telah selesai dikerjakan beberapa waktu lalu. Kekurangan tinggal pada beberapa bagian saja. Rekanan, PT Adhi Karya, kini tengah proses pemasangan instalasi dan fasilitas-fasilitas pelengkap, dan ditarget dalam minggu ini bisa selesai.

" Minggu depan targetnya semua telah siap, fasilitas saat ini mulai diujicoba, bila ada kekurangan dapat diperbaiki, sehingga saat pelayanan pada pasien bisa berfungsi normal," katanya.

Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno, katanya, beberapa waktu lali meminta PT Adhi Karya mempercepat penyelesaian pembangunan gedung rawat inap tujuh lantai RSUD Temanggung agar bisa diresmikan bersamaan dengan sejumlah proyek lain seperti jembatan Sigandul dan Pasar Legi Parakan oleh Presiden Jokowi pada Desember 2016 mendatang.

Dia menyampaikan bersamaan dengan proses ujicoba fasilitas, pihaknya mulai mengisi perabot dan peralatan medis dengan target lekas selesai dan minggu ketiga bisa ditempati untuk pelayanan pada masyarakat.

Dia mengatakan di gedung tersebut untuk lantai satu akan dipergunakan pelayanan publik, lantai dua sampai lantai lima untuk rawat inap pasien kelas tiga sedangkan lantai enam dan tujuh untuk kelas VIP. “ Meskipun kelas tiga, namun fasilitas ruangan dan pelayanan seperti kelas satu,” katanta.

Gedung tersebut, katanya, dibangun tahun jamak atau selama 14 bulan. Dana pembangunan menghabiskan sekitar Rp 70 miliar. Dana itu berasal dari pinjaman perbankan sebesar Rp 50 miliar sedangkan yang Rp 20 miliar dari simpanan tabungan dari RSUD. Pinjaman itu, sesuai perjanjian dikembalikan selama 3 tahun, atau pertahun berkisar Rp 22 miliar. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI