Pembangunan Jasa Konstruksi Mengarah pada Padat Karya

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pembangunan jasa konstruksi di wilayah Jawa Tengah lebih banyak diarahkan pada padat karya. Memanfaatkan tenaga kerja lokal, sekaligus mengutamakan bahan baku yang tersedia di sekitar lokasi.

“Kegiaatan padat karya ini pun masih akan menggandeng TNI karena memiliki tenaga dan peralatan, terutama pada pembangunan kontruksi yang ada di daerah pelosok,” kata Agus Munawar Sodiq SH dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Provinsi Jawa Tengah pada sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Jasa Konstruksi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Purworejo, Selasa (6/3).

Sosialisasi diikuti para penyedia jasa konstruksi dari berbagai assosiasi, pejabat pembuat komitmen (PPKOM), serta dinas instansi terkait.

Menurut Agus Munawar Sodiq, pembangunan sistim padat karya ini juga sudah menjadi perintah Presiden Jokowi, agar melibatkan banyak warga masyarakat sekitar untuk menambah pendapatan mereka. Begitupun dengan memanfaatkan bahan baku lokal, dapat memberdayakan warga sekitar sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat. “Kecuali kalau di lingkungan lokasi proyek tidak tersedia bahan baku, baru mengambil material dari tempat lain,” jelasnya seraya menambahkan, pemanfaatan produk lokal ini juga sudah tertuang dalam Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 14 Tahun 2016. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI