Pembangunan Kantong Lumpur Dam Colo Hampir Selesai

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Proyek pembangunan tahap pertama kantong lumpur di saluran induk Dam Colo Timur sudah mencapai 80,23 persen. Pihak rekanan optimis pembangunan bisa selesai sebelum batas akhir 12 November mendatang.

Pelaksana Proyek Joko Paramanto, Senin (08/08/2016) mengatakan, pembangunan kantong lumpur sudah dikerjakan sesuai dengan perencanaan awal. Hasilnya bisa dilihat sekarang berjalan hingga sekarang mencapai lebih dari 80 persen.

Proyek pengerjaan tersisa 20 persen akan terus dikebut dan diselesaikan sebelum batas akhir. “Kami optimis proyek dapat segera selesai karena sisa waktu masih banyak dan pengerjaan dilakukan sesuai perencanaan,” ujarnya.

Pihak rekanan selaku pelaksana pembangunan sudah mengerjakan kantong lumpur di saluran induk Dam Colo Timur mulai sejak 18 Januari kemarin. Pembangunan kantong lumpur saluran induk Dam Colo Timur dibangun sepanjang 550 meter. Pembangunan dilakukan dengan fungsi untuk menampung endapan lumpur dari air.

Menurut hasil kajian di Dam Colo Timur untuk satu meter kubik air mengandung 0,5 lumpur. Kondisi tersebut harus disiasati dengan pembangunan kantong untuk menampung lumpur. Apabila tidak maka dalam jangka waktu 5 – 10 tahun kondisi di Dam Colo bisa terjadi pendangkalan. Akibatnya bisa dipastikan aliran air menjadi terganggu. (Mam)

BERITA REKOMENDASI