Pembangunan Pasar Baledono Jalan Terus

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Proses pembangunan Pasar Baledono oleh PT Hutama Karya terus berjalan. Insiden runtuhnya cor lantai dua seluas 36 meter persegi Sabtu (29/7) petang, tidak mempengaruhi proses pembangunannya.

Kepala Divisi Gedung PT Hutama Karya Purnomo mengatakan, insiden tersebut termasuk dalam perhitungan risiko yang kemungkinan dialami selama proses pekerjaan. "Sudah masuk hitungan sistem pengelolaan risiko yang kami terapkan. Efek bisa diminimalisir ketika proses pengecoran sampai volume tiga kubik," katanya dalam rilis yang diterima KRJOGJA.com, Senin (31/07/2017).

Kejadian tersebut juga tidak berpengaruh terhadap kekuatan bangunan secara umum. Pekerjaan, katanya, telah dilakukan sesuai dengan standar operasional yang disyaratkan dan diverifikasi tim pengawas.

Purnomo optimis pembangunan pasar senilai Rp 114 miliar itu selesai sesuai jadwal. Proses pembangunan, katanya, telah mencapai 45 persen per 30 Juli 2017. "Kami optimis, sebab saat ini juga sudah lebih cepat dari jadwal yang direncanakan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Purworejo Dion Agasi mengingatkan perusahaan untuk lebih teliti dalam mengerjakan pembangunan pasar. Kesalahan dapat mengancam keselamatan pekerja dan warga Purworejo ketika memanfaatkan pasar setelah fasilitas itu difungsikan.

Selain itu, lanjut Dion, insiden juga jangan sampai mengganggu jadwal pembangunan yang disusun sebelum proyek. "Jangan sampai terjadi keterlambatan," tegasnya.

Meski kondisi alam menjadi alasan runtuhnya cor, namun Dion menengarai tetap ada unsur kelalaian dalam kejadian itu. "Katanya soal tanah labil, seharusnya bisa diantisipasi sebelum pengecoran. Kejadian itu harus jadi pelajaran bagi pelaksana pekerjaan," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI